Sabtu, 12 Mei 2012

10 Mumi Paling Menarik dan Terkenal di Dunia

Mummi adalah mayat yang tubuhnya telah diawetkan dengan baik disengaja atau terjadi begitu saja karena bahan kimia, sangat dingin, kelembaban sangat rendah, atau kekurangan udara. Mumi manusia dan hewan telah ditemukan di seluruh dunia baik sebagai akibat dari telah dibalsem dan karena pengawetan secara alami melalui kondisi yang tidak biasa.


Banyak mumi ribuan tahun dan beberapa terkenal menarik karena sejarahnya, kematiannya atau karena pengawetan luar biasa dari tubuh. Berikut ini adalah sepuluh mumi yang paling menarik dan terkenal, (terutama karena cerita di belakang mereka atau pengawetan luar biasa dari tubuh) sebagian besar masih dapat dilihat hingga saat ini.


Raja Tutankhamun



Tutankhamun (sekitar 1341 SM – 1323 SM) adalah seorang firaun Mesir dari dinasti ke-18 selama periode sejarah Mesir yang dikenal sebagai Kerajaan Baru. Tutankhamun berumur 9 tahun ketika ia menjadi firaun dan memerintah selama sekitar 10 tahun, sampai kematiannya. Makam Tutankhamun di Lembah Raja-Raja (di mana ia masih berada) ini ditemukan oleh Howard Carter pada tahun 1922 hampir sepenuhnya utuh dan paling lengkap diantara makam raja Mesir kuno yang pernah ditemukan.


Hidup kekal adalah fokus utama dari semua Mesir Kuno, yang berarti menjaga tubuh selamanya. Mereka Percaya bahwa hidup di akhirat jauh lebih baik daripada kehidupan di dunia ini, jadi mereka harus menjaga tubuh mereka sehingga mereka akan dapat menggunakannya setelah mereka mati. Budaya Mesir percaya bahwa tubuh adalah rumah di akhirat untuk seseorang Ka, Ba dan Akh, tanpa ada kutukan dan demi untuk sebuah kekekalan.


Ka adalah duplikat tubuh yang tidak terlalu padat. Tanpa tubuh fisik, jiwa tidak punya tempat untuk tinggal dan menjadi gelisah selamanya. Ba mampu meninggalkan makam dan kembali sebagai orang mati menghantui di dunia fana. Akh adalah jiwa abadi yang muncul ketika Ka dan Ba orang yang meninggal bersatu setelah melewati penghakiman. Proses pembuatan mumi berlangsung selama jangka waktu 70 hari, diterapkan untuk semua kalangan di Mesir baik kaya atau miskin. Proses mumifikasi (membuat mumi) membutuhkan waktu 70 hari dan dimana 15 hari digunakan untuk pembersihan dan pemurnian, 40 hari periode pengeringan dan 15 hari membungkus dan membalut. Tutankhamun telah menjadi salah satu mumi Mesir paling terkenal, topeng kematiannya menjadi salah satu gambar yang paling ikon di dunia saat ini. Penyebab kematian Tutankhamun tidak jelas dan masih menjadi akar dari banyak spekulasi.




Elmer McCurdy

Elmer McCurdy (Januari 1880 – 7 Oktober 1911) adalah seorang penjahat yang tewas dalam tembak-menembak di Osage Hills di Oklahoma. Sebuah surat kabar memberitakan bahwa Elmer memberikan kata-kata terakhir “Anda tidak akan pernah mengambil hidup-hidup” Jenazahnya dibawa ke rumah duka di Oklahoma. Ketika tidak ada yang mengklaim jenazah, para pengurus membalsem tubuhnya dengan arsenik berbasis bahan pengawet dan membiarkan orang-orang melihat “The Bandit How Never Give Up”.


Lima tahun kemudian, seorang laki-laki muncul dari perjalanan karnaval terdekat mengaku sebagai saudara Elmer yang sudah lama hilang dan ingin memberikan penguburan mayat yang layak. Namun dalam waktu dua minggu, Elmer menjadi fitur pameran karnaval. Selama 60 tahun, tubuh Elmer dijual ke museum lilin, karnaval, dan rumah-rumah angker. Pada akhirnya Elmer dimakamkan di Pemakaman Boot Hill KTT di Guthrie, Oklahoma pada 22 April 1977, dengan 2 kubik meter dari beton di atas peti mati sehingga jenazahnya tidak akan terganggu lagi.




Vladimir Lenin




Vladimir Ilyich Lenin (10 April 1870 – 21 Januari 1924) adalah salah satu tokoh politik terkemuka dan para pemikir revolusioner abad ke-20, yang menjadi otak Bolshevik mengambil alih kekuasaan di Rusia pada tahun 1917, dan merupakan arsitek dan kepala pemerintahan pertama Soviet. Pada 1918, ia nyaris lolos dari percobaan pembunuhan, tetapi luka parah dan pada bulan Mei 1922 ia menderita stroke yang tidak pernah pulih.


Pada bulan Desember 1922, ia menderita stroke yang kedua menyebabkan lumpuh sebagian sisi kanan dan menyebabkan dia menarik diri dari keaktifannya di politik. Pada bulan Maret 1923, ia menderita stroke ketiga yang membuatnya tidak bisa berpikir (seperti orang dungu) dan menghabiskan sisa hidupnya sepanjang hari hanya di tempat tidur sampai ia meninggal pada 21 Januari 1924 di perkebunan di Leninskiye Gorki. Tubuhnya dibalsem dan dipamerkan di Lenin Mausoleum, Moskow di mana ia masih dapat dilihat sampai sekarang.




Santa Bernadette




Santa Bernadette lahir Bernada Maria-Sobirós (7 Januari 1844 – 16 April 1879) adalah seorang putri tukang giling dari kota Lourdes di selatan Perancis. Meskipun tubuhnya secara teknis tidak menjadi mumi, dia tetap layak mendapat tempat di dalam daftar mumi yang menarik sepanjang sejarah ini. Dari 11 Februari – 16 Juli 1858, dia melaporkan delapan belas penampakan “gadis kecil.” Meskipun awalnya skeptis dari Gereja Katolik, klaim ini akhirnya dinyatakan layak keyakinan setelah penyelidikan kanonik, dan penampakan itu dikenal sebagai 'Our Lady of Lourdes' Perawan Maria. Setelah kematiannya, tubuh Bernadette tetap sepenuhnya utuh dan dapat dilihat di Kapel St Bernadette di Nevers. Pada 8 Desember 1933, ia dikanonisasi sebagai seorang santo oleh Gereja Katolik.




Juanita




Juanita “The Ice Maiden” itu ditemukan di puncak Gunung Ampato, Peru, pada tanggal 8 September, 1995. Dia dikorbankan pada 500 tahun yang lalu. Pengorbanan merupakan suatu kehormatan besar bagi suku Inca, mereka percaya Tuhan Ampato menyediakan air dan longsoran yang dipungut sebagai imbalan bagi pengorbanan manusia.


Seorang gadis muda, laki-laki dan kerangka seorang perempuan ditemukan di ekspedisi selanjutnya, dan juga barang-barang sebagai persembahan kepada para dewa pada saat itu. Letusan gunung berapi di dekat Gunung 500 tahun lalu melelehkan es dan salju dan menyelimuti tubuh Juanita, yang hampir membuat seluruh kulitnya beku, organ, rambut, pakaian, darah dan bahkan isi perutnya diawetkan. Penemuan yang langka ini juga memberikan sekilas tentang kehidupan suku Inca. Juanita mengenakan pakaian yang menyerupai tekstil terbaik dari Cuzco dan pengorbanan yang paling dekat dengan ibukota Inca, menunjukkan dia mungkin berasal dari keluarga Cuzco yang mulia.


Juanita dipilih sebagai yang paling indah dan tak berdosa dan akan dijamin hidup kekal oleh para dewa. Juanita dibunuh oleh pukulan yang kuat ke kepala dan mungkin juga diberikan Chicha, minuman dengan kandungan halusinogen yang kuat sebelum ritual dilakukan. Pada tahun 1996, Presiden Clinton melihat foto Juanita dan berkata, “Kalau aku seorang pria lajang, aku mungkin meminta mumi keluar. Itu mumi yang cantik!“ Juanita dipajang di Santuarios Museo de Altura di Arequipa, Peru.




Ötzi Iceman




Ötzi Iceman (juga dikenal sebagai Manusia atau Manusia Similaun dari Hauslabjoch) adalah mumi seorang laki-laki alami yang terawat baik dari sekitar 3300 SM (53 abad yang lalu). Mumi itu ditemukan pada bulan September 1991 di Schnalstal gletser di Ötztal Alpen, dekat Hauslabjoch, di perbatasan antara Austria dan Italia. Julukan berasal dari Ötztal, daerah di mana ia ditemukan.


Dia adalah manusia mumi alami yang tertua di Eropa dan telah menawarkan pemandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Chalcolithic Eropa. Penyebab kematian kemungkinan besar karena pukulan ke kepala. Tubuh dan barang-barangnya telah ditampilkan dalam South Tyrol Museum of Archaeology di Bolzano, Italia utara.




Ginger




Ginger adalah julukan yang diberikan kepada tubuh pria dewasa yang awet secara alami ini (yang diyakini paling awal Mesir kuno dikenal “mumi” tubuh), meski telah meninggal lebih dari 5.000 tahun yang lalu, tubuh ginger telah sempurna diawetkan dengan rambut keemasan, dan bahkan kaki dan kuku. Ginger ditemukan di Gebelein, Mesir sekitar 3.400 SM atau sebelumnya.


Sebelum cara membuat mumi (mumifikasi) ini dikembangkan, manusia menempatkan mayat di bawah sebuah kuburan yang di dalamnya meiliki suhu panas dengan pasir kering yang dapat menyerap kandungan air di dalam tubuh manusia sebanyak 75%. Tanpa kelembaban, bakteri tidak dapat berkembang biak dan menyebabkan kerusakan gigi, dengan begitu tubuh tetap dapat tetap utuh. Namun, masih belum pasti apakah mumifikasi Ginger memang disengaja atau tidak, meskipun sejak Ginger dikuburkan dengan beberapa kapal keramik kemungkinan bahwa mumifikasi adalah hasil dari teknik-teknik pengawetan yang menguburnya. Ginger saat ini dipamerkan di British Museum.




Tollund Man




Tollund Man adalah mumi alami mayat seorang laki-laki yang hidup pada abad ke-4 SM selama Pra-Romawi Zaman Besi. Dia ditemukan Mei 1950, dikuburkan dalam sebuah rawa gambut di Semenanjung Jutlandia di denmark, yang tubuhnya diawetkan. Kepala dan wajahnya sangat terawat dengan baik, pada saat itu ia dikira korban pembunuhan beberapa hari yang lalu, lalu kemudian ia dinyatakan telah meninggal lebih dari 1.500 tahun yang lalu.


Otopsi telah menunjukkan bahwa penyebab kematian adalah karena tergantung tali dan meninggalkan bekas kerut di kulit di bawah dagu dan di sisi lehernya. Namun, tidak ada tanda di bagian belakang leher di mana simpul tali ditemukan. Tubuh mumi ini ditampilkan di Silkeborg Museum di Denmark, hanya kepalanya saja yang asli, namun kepala asli tersebut dikaitkan pada sebuah replika dari tubuh.




Rosalia Lombardo 




Rosalia Lombardo adalah seorang anak yang lahir pada 1918 di Palermo, Sisilia. Dia meninggal pada 6 Desember 1920 akibat pneumonia. Ayah Rosalia begitu amat berduka atas kematian anaknya, kemudian ia mencari Dr. Alfredo Salafia seorang ahli mengisi kulit binatang, untuk melestarikannya (baca: mengawetkannya). Dia adalah salah satu mayat terakhir yang diterima di katakombe Kapusin Palermo, Sisilia.


Rosalia adalah salah satu mumi yang paling terkenal karena pengawetannya yang sedemikian rupa sehingga tampak seolah-olah dia hanya tidur, maka menerima julukan “Sleeping Beauty”. Ia dianggap salah satu tubuh mumi terbaik di dunia. Tubuhnya sangat terawat dan sulit untuk percaya kalau dia meninggal hampir 90 tahun yang lalu. Selama bertahun-tahun, formula yang diawetkan dengan begitu megah adalah sebuah misteri, tetapi baru-baru ini telah ditemukan bahwa Rosalia disuntikkan dengan campuran formalin, seng garam, alkohol, asam salisilat, dan gliserin.


Formalin, sekarang banyak digunakan untuk pembalsem, adalah campuran formaldehida dan air yang membunuh bakteri. Dr. Salafia adalah salah satu orang pertama yang menggunakan ini untuk pembalseman mayat. Alkohol beserta dengan kondisi kering di katakombe membuat tubuh Rosalia menjadi kering dan memungkinkannya untuk membuat mumi. Gliserin membuat tubuhnya tetap kering dan asam salisilat akan mencegah pertumbuhan jamur.


Menurut Melissa Williams, direktur eksekutif American Society of Embalmers, garam seng merupakan zat yang paling berpengaruh atas awetnya tubuh Rosalia. Unsur seng memberinya kekakuan yang bagus.




Lady Dai (Xin Zhui)




Pada tahun 1971 pekerja di China menggali tempat penampungan serangan udara di dekat kota Changsha menemukan besar era Dinasti Han makam yang berisi lebih dari 1.000 artefak terawat baik, serta “yang paling sempurna yang pernah ditemukan mayat diawetkan”. Makam milik Xin Zhui, istri Marquis Han yang meninggal antara 178-145 SM, sekitar 50 tahun. Tubuhnya sangat terawat ketika menemukan hal tersebut diotopsi seolah-olah baru saja mati dan kulitnya lentur, anggota tubuh dapat dimanipulasi, rambut dan organ internal masih utuh, sisa-sisa makanan terakhir yang ditemukan di perutnya dan darah tipe A masih berlari merah dalam pembuluh darahnya.


Penelitian telah mengungkapkan bahwa dia menderita parasit, sakit punggung bawah, penyumbatan arteri, memiliki hati yang rusak secara besar-besaran (indikasi penyakit jantung yang disebabkan oleh obesitas, kurang olahraga dan diet yang terlalu kaya) dan kelebihan berat badan pada saat kematiannya.


Misteri 'The Lady Dai' belum terpecahkan. Para ilmuwan percaya kontribusi terhadap pengawetan yang luar biasa ini adalah karena 22 gaun sutra, rami dan 9 pita sutra yang masuk dalam pakaian terbungkus rapat mengisi peti mati, yang tertutup dengan sempurna, menjaga udara keluar. Ada di dalam dan di luar makam, yang lebih dari 50 meter di bawah tanah serta empat peti mati yang ia dikuburkan di masing-masing dan di dalam yang lain.


Namun, beberapa ilmuwan menduga bahwa kunci nyata untuk pengawetannya terletak pada cairan kemerahan misterius tak dikenal ditemukan di dalam peti mati dan ditemukan masuk ke dalam Tubuh. Kini tubuh yang berusia 2.000 itu disimpan di Museum Provinsi Hunan.

0 komentar:

Posting Komentar